Minggu, 09 Januari 2011

INOVASI KURIKULUM

 1.      Baca dan berikan penjelasan mengenai perbedaan latar belakang masalah munculnya ke – 3 jenis inovasi kurikulum !
a.       Inovasi kurikulum berbasis kompetensi dilatarbelakangi oleh tantangan untuk menjawab masalah-masalah kursial dalam pendidikan yang semakin hari semakin menumpuk dan di perlukan pengembangan dalam memberikan keahlian dan ketrampilan sesuai dengan standar kompetensi yang diperlukan untuk meningkatkan daya saing daya jual untuk menciptakan kehidupan yang berhakat dan bermartabat ditengah-tengah persaingan dan kerumitan kehidupan sosial, ekonomi, politik dan budaya. Kelahirannya ini didorong oleh perubahan dan tuntutan kebutruhan masyarakat dalam dimensi globalisasi yang ditandai kemajuan ilmu pengetahuan dan tehniligi bigitu cepat sehingga kehidupan penuh dengan persaingan dalam segi apapun tidak dapat dihindari dan harus siap untuk kemajuan suatu bangsa.
b.      Inovasi kurikulum berbasis masyarakat dilatarbelakangi adanya kelompok masyarakat yang berkembang sangat cepat tetapi ada pula yang lambat, hal ini karena pengaruh dari perkembangn tehnologi komunikasi dan telekomunikasi sehingga terjadi perubahan – perubahan dalam semua aspek dalam masyarakat,efeknya akan berimbas pada setiap individu warga masyarakat, pengetahuan, kecakapan, sikap, kebiasaan bahkan pola-pola kehidupan.
c.       Inovasi kurikulum berbasis keterpaduan dilatarbelakangi adanya kecendrungan selama ini guru mengemas pengalaman belajar siswa terkotak-kotak dengan tegas antara satu bidang studi dengan bidang studi yang lain, pembelajaran yang memisahkan penyajian mata-mata pelajaran secara tegas hanya akan membuat kesulitan belajar bagi siswa karena pemisahan seperti itu memberika pengalaman belajar yang bersifat artifial.

2.      Sebutkan pengertian masing-masing inovasi kurikulum !
a.       Inovasi kurikulum berbasis kompetensi merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi dan hasil belajar yang harus dicapai siswa, penilaian, kegiatan belajar mengajar dan pemberdayaan sumber daya pendidikan dan mengembangkan sekolah.
b.      Inovasi kurikulum berbasis masyarakat merupakan kurikulum yang menekankan perpaduan antara sekolah dan masyarakat guna mencapai tujuan pendidikan.
c.       Inovasi kurikulum berbasis keterpaduan disebut integrated curriculum merupakan bentuk kurikulum yang meniadakan batas-batas antara berbagai mata pelajaran dan menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk unik. Pendekatan keterpaduan merupakan suatu system totalitas yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan dan berinteraksi baik antar komponen dengan komponen manapun antar komponen-komponen dengan keseluruhan dalam rangka mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.
3.      Sebutkan karakteristik dean prinsip dasar masing-masing inovasi kurikulum !
a.       Karateristik Inovasi kurikulum berbasis kompetensi
·         Menekankan pada ketercapaian kompetensi baik secara individual maupun klasikal, artinya isi KBK intinya sejumlah kompetensi yang harus dicapai siswa dan kompetensi inilah sebagai standar minimal atau kemampuan dasar.
·         Beroentasi pada hasil belajar dan keberagaman, artinya keberhasilan pencapaian kompetensin dasar diukur oleh indicator hasil belajar. Indicator inilah yang dijadikan acuan kompetensi yang diharapkan. Proses pencapaian tentu saja bergantung padaq kemampuan dan nkecepatan yang berbeda setiap siswa.
·         Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan danmmetode bervariasi sesuai dengan keberagaman siswa.
·         Sumber belajar bukan hanya guru tetapi sumber belajar lain yang memenuhi unsure edukatif, artinya sesuai dengan perkembangaan ilmu pengetahuan dan tehnologi informasi. Guru berperan sesbagai fasilitator untuk mempermudah siswa belajar dari berbagai macam sumber belajar.
·         Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu kompetensi. KBK menem[patkan hasil dan proses belajar sebagai dua sisi yang sama pentingnya.
b.      Karateristik Inovasi kurikulum berbasis masyarakat
·         Pembelajaran berorentasi pada masyarakat , dimasyarakat dengan kegiatan belajar bersumber pada buku text
·         Disiplin kelas berdasarkan tanggungjawab bersama bukan berdasarkan paksaan atau kebebasan
·         Metode pengajar terutama dititikberatkan pada pemecahan masalah untuk memenuhi kebutuhan perorangan dan kebutuhan sosial atau kelompok
·         Bentuk hubungan atau kerjasama sekolah dan masyarakat adalah mempelajari sumber-sumber masyarakat , menggunakan sumber-sumber tersebut, dan memperbaiki masyarakat tersebut
·         Strategi pembelajaran meliputi karya wisata, manusia (nara sumber).survai masyerakat, berkemah, kerja lapangan, pengabdian masyarakat, kuliah kerja nyata, proyek perbaikan masyarakatdan sekolah pusat masyarakat.
c.       Karateristik Inovasi kurikulum berbasis keterpaduan
·         Ciri-ciri organirasi kurikulum terpadu
·         Model pembelajaran integrated
·         Pembelajaran unit dimana peran guru dan siswa

1)      Prinsip dasar Inovasi kurikulum berbasis kompetensi adalah menitik beratkan pada kemampuan di bidang pengetahuan, ketrampilan sikap yang diwujudkan dalam bentuk tindakan baik kompetensi akademis, okupasional. Cultural maupun temporal.
2)      Prinsip dasar Inovasi kurikulum berbasis masyarakat adalah guru sebagai fasilitator dan siswa untuk aktif, kreatif untuk memecahkan masalah.
3)      Prinsip dasar Inovasi kurikulum berbasis keterpaduan adalah meyatukan beberapa mata pelajaran yang materinya saling baikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar